Bahaya Palet Kayu (1)

Benarkah palet kayu memiliki bahaya?

Bagi pelaku usaha industri, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan palet kayu. Penggunaan palet kayu memang sudah menjadi bagian dari “budaya” aktivitas perusahaan-perusahaan industri. Perusahaan seperti perusahaan otomotif, manufaktur, elektronik, dll adalah “pelanggan” tetap palet kayu. Mereka menggunakan palet kayu untuk kebutuhan packaging dan shipping produk-produk perusahaan tersebut. Sesuai dengan fungsi alaminya, palet kayu dimanfaatkan untuk menahan beban, mengemas, dan melindungi produk-produk perusahaan tersebut saat proses pengiriman berlangsung.

Sampai di sini bisa kita ketahui bahwa penggunaan palet kayu sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari proses kegiatan perusahaan industri. Namun yang tidak kita ketahui adalah palet kayu memiliki “duri” yang bersembunyi di balik aspek utilitasnya.

Palet kayu memang sangat berguna bagi proses packaging suatu barang, tapi item ini juga memiliki risiko yang tinggi terhadap faktor keamanan.

Salah satu risiko tersebut adalah fakta bahwa material kayu mempunyai splinter atau serpihan duri tajam. Splinter ini tidak hanya berbahaya bagi pekerja, tapi juga bagi klien perusahaan yang memesan produk yang bersangkutan.

Selain splinter, faktor lain yang mengandung risiko adalah penggunaan paku pada papannya. Penggunaan paku untuk menyatukan bagian-bagian yang membentuk palet kayu tentu memberikann ancaman tersendiri bagi pekerja. Belum lagi jika besi tajam paku tersebut sudah karatan, otomatis hal tersebut akan meningkatkan risiko bahaya bagi orang-orang yang bersentuhan langsung dengan produk tersebut.

Itu baru dua risiko yang dimiliki oleh palet kayu yang berpengaruh langsung ke manusia. Di luar dari dua bahaya tersebut, masih banyak faktor risiko yang dimiliki palet ini yang tidak hanya berpengaruh kepada manusia, tapi juga bahkan terhadap lingkungan.

Bagaimana, masih tertarik menggunakan palet kayu?

Penulis: Idham Hanafiah| Business Development & Marketing Strategist

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *