Industri Kertas dan Lingkungan Hidup (1)

Sadar atau tidak, sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keadaan bumi kita semakin menjauh dari kondisi idealnya. Pemanasan global di mana suhu udara bumi meningkat dari ukuran rata-rata yang bisa ditolerir oleh makhluk hidup dan lingkungan merupakan problematika klasik bagi tempat kita berpijak ini.

Evaluasi dilakukan, perhatian dijatuhkan pada pola kebiasaan manusia yang menggunakan salah satu elemen krusial dalam lingkungan, yaitu kertas. Kertas yang sebagian besarnya berbahan dasar kayu menjadi polemik tersendiri bagi manusia. Di satu sisi isu penebangan pohon sebagai proses produksi awal pembuatan kertas menjadi andil signifikan bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Namun di sisi lain, kertas yang semenjak awal ditemukan tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Ada banyak lini kehidupan manusia yang sangat bergantung pada kertas, dari mulai bidang pendidikan, budaya, hingga bisnis. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa produksi kertas di dunia pada tahun 2017 mencapai 410 juta metrik ton.

Lantas bagaimana dengan industri kertas? Mitosnya adalah industri kertas dapat menghancurkan lingkungan. Masyarakat awam yang memandang industri ini berdasarkan stigma tersebut pun tidak jarang yang mengutuk keberlangsungan industri di bidang ini.

Faktanya? Industri kertas justru merupakan salah satu tonggak dalam mempertahankan kelangsungan hidup lingkungan di bumi. Mengapa? Karena setiap industri kertas yang menjalankan bisnisnya diwajibkan menanam 5 pohon untuk setiap 1 batang pohon yang ditebang. Selain itu, produk untuk industri kertas juga disalurkan secara khusus oleh Hutan Tanaman Industri (Tree Farms/HTI).

Kemudian pandangan umum lainnya yang berkembang adalah penggunaan kertas tidak ramah lingkungan. Padahal kenyataanya, industri kertas adalah salah satu industri yang eco-friendly, karena 50% produksi kertas di dunia menggunakan kertas daur ulang. Setidaknya 70% limbah kertas diproses untuk didaur ulang di mana sisa-sisa tersebut bisa diolah kembali sebanyak 5-7 kali.

Jadi, apakah Anda masih berpikiran jika industri kertas dapat membunuh lingkungan hidup?

Penulis: Idham Hanafiah| Business Development & Marketing Strategist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *