Kenapa Harus Palet Kertas?

Kenapa kita harus segera beralih dari palet bermaterial kayu, ke palet berbahan dasar kertas? Apa beda antarkedua material tersebut?

Perbedaan mendasar dari material kertas dan kayu adalah bobotnya. Kayu lebih berat dari kertas, itulah perbedaan yang paling jelas kelihatan. Namun demikian, sebenarnya  bukan hanya itu saja perbedaan mencolok antarkedua material tersebut. Tidak banyak yang percaya bahwa perbedaan mencolok tersebut justru bertitik berat pada keunggulan material kertas. Sekarang mari kita telaah satu persatu perbedaan-perbedaan tersebut.

Handling

Aspek pertama yang memiliki perbedaan mencolok adalah handling. Untuk bobot produk ukuran standar (48” x 40”), palet kayu memiliki berat sekitar 18 kg. Untuk melakukan pekerjaan yang sama terhadap produk serupa, palet kertas hanya memiliki berat sekitar 4 kg.

Dari sudut pandang ergonomic, paper pallet yang ringan sangat mudah digunakan untuk bermanuver dengan ketegangan yang minim di bagian belakang, siku, dan lengan.

Export Cost

Masih menyangkut pada hal bobot, berat paper pallet yang jauh lebih ringan dari palet kayu membuatnya dapat mengurangi total kapasitas produk maksimum yang dapat diangkut oleh sebuah kargo sampai 272 kg. Hal ini membuat biaya ekspor pun menjadi lebih murah.

Green Initiative Benefit

Bobot kertas yang lebih ringan juga berpengaruh pada jumlah emisi karbon yang dapat dikurangi. Kenapa bisa berhubungan? Karena semakin ringan suatu palet, maka semakin efisien pula urusan transportasi pengiriman produk. Hal ini membuat konsumsi bensin dan emisi karbon menjadi berkurang lebih banyak.

Penulis: Idham Hanafiah | Business Development & Marketing Strategist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *