Memanfaatkan Psikologi Dengan Kemasan Produk

Smsolusindo.com , Jakarta – Apa yang membuat suatu produk menonjol? Ketika produk Anda berbaris di rak dengan pesaing langsung Anda berdampingan, apa yang membuat pelanggan memilih produk Anda daripada yang lain?

Beberapa di antaranya adalah loyalitas merek. Beberapa di antaranya adalah bahan, atau komposisi, atau praktik pembuatan dan sumber etika.

Sebagian besar sebenarnya bermuara pada psikologi. Seorang pelanggan yang belum pernah mendengar atau melihat atau mencoba salah satu produk akan memilih salah satunya, dan cara Anda menarik mereka ke produk Anda adalah melalui pengemasan.

Menggunakan psikologi dalam pengemasan dan desain produk tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan besar. Apple tidak memiliki perjanjian eksklusivitas dengan warna putih. Produk Anda membutuhkan pengemasan, dan perbedaan desain memiliki dampak nyata pada bagaimana pelanggan Anda memandang produk di dalamnya.

Memilih Warna Yang Tepat

Pertama dan terpenting, salah satu elemen kemasan produk yang paling langsung terlihat adalah warna. Banyak pilihan warna. resonansi emosional dan bagaimana resonansi itu dapat berubah dari budaya ke budaya. Misalnya, banyak produk kami memiliki warna hijau dan merah muda sebagai warna utama, yang menandakan kesehatan, sumber alami, dan energi. Perusahaan lain memiliki identitas merek berbasis warna mereka sendiri, mulai dari ikon biru-dan-oranye dari Kraft Mac and Cheese hingga produk elektronik Apple yang putih bersih.

Meskipun memilih warna yang tepat untuk resonansi emosional itu penting, Anda juga harus mempertimbangkan faktor lain. Bagaimana warna produk Anda memperkuat identitas merek Anda? Apakah pilihan warna Anda membuat Anda menonjol dari pesaing Anda? Apakah desain kemasan Anda berfungsi untuk orang buta warna? Dan warnanya hanyalah salah satu aspek dari desain kemasan.

Menganalisis Bentuk, Struktur Dan Faktor Bentuk

Pernahkah Anda memperhatikan bahwa mainan untuk anak-anak, terutama mainan yang lebih bergender, memiliki bentuk umum yang berbeda? Mainan untuk anak laki-laki sering kali ramping dan tajam dengan segi tebal atau konstruksi rumit – misalnya, mobil mainan dan pesawat terbang, alat bermain, dan figur aksi. Mainan untuk anak perempuan cenderung lebih lembut dengan ujung membulat, konstruksi bergelembung dan rambut, bulu, atau kain lebih sering dimasukkan.

Kemasan produk untuk orang dewasa memiliki derajat konstruksi bertingkat yang serupa, meskipun lebih halus. Produk yang ramping dan sempit cenderung membangkitkan pikiran tentang kesehatan. Produk jongkok dan sempit dipandang kokoh dan berani. Bahkan bentuk yang sangat kompleks memiliki emosi yang terkait dan dapat dijadikan elemen branding lainnya. Lihat saja evolusi botol Coke.

Terlebih lagi, elemen desain ini berubah seiring waktu. Belum lama berselang teknologi masa depan tampak berani, kotak-kotak, dan bersudut. Sekarang, semuanya ramping, sudut membulat dan celah yang diminimalkan. Pergeseran budaya mendorong desain untuk beradaptasi dan diperbarui, dan desain lama menjadi usang dan kemudian retro sebelum siklusnya kembali.

Branding Dan Tujuan Melalui Tipografi

Bahkan pilihan font sederhana yang Anda gunakan untuk teks pada paket Anda memiliki pengaruh. Bayangkan jika semua bahan makanan Anda dirancang dengan teks dalam Comic Sans. Bayangkan jika semuanya adalah salah satu font Times New Roman, Arial atau Impact yang sederhana. Rasanya tidak benar.

Sejumlah besar pekerjaan dilakukan untuk mendesain font perusahaan, dari sapuan dan pusaran Coca-Cola hingga keanggunan Versace yang ramping namun bulat. Psikologi di balik desain font dan pilihan memainkan peran besar dalam psikologi halus desain produk dan paket.

Desain kemasan adalah elemen inti dari merek Anda, dan itulah yang membedakan Anda dari pesaing Anda di rak. Mengetahui audiens Anda dan persepsi mereka itu bermanfaat dan menyesuaikan desain Anda dengan psikologi mereka.

Bagi Anda yang ingin mendesain packaging idaman Anda, bisa konsultasi dengan tim kami di sms packaging, kepuasan Anda adalah harapan kami untuk mendesain packaging sesuai harapan Anda. (AW)